Shopping cart:
Jumlah = pcs
Keranjang
021 2300313 ext. 1418, 085778602887

Ramai-ramai Membentuk Corporate University

Senin, September 19th 2016.

banner-untuk-blog

Belakangan ini, semakin bertambah perusahaan yang membentuk apa yang disebut corporate university. Setelah Telkom, menyusul PLN membentuk PLN Corporate University (2012), lalu ada Bank Mandiri dan Pertamina. Beberapa perusahaan swasta pun mengambil langkah yang sama, di antaranya Danamon yang merintis sejak tahun 2008.

Ini perkembangan menarik: mengapa perusahaan-perusahaan ini membentuk corporate university? Bukankah mereka telah memiliki semacam training center atau learning center? Lantas apa yang membedakan corporate university dengan institusi sebelumnya?

Terdapat beberapa alasan mengapa pada umumnya learning center ditransformasikan menjadi corporate university. Para eksekutif rupanya semakin menyadari bahwa bentuk diklat, training center, ataupun learning center mengandung sejumlah kelemahan yang umum dijumpai, yaitu:

Pertama, tidak adanya keselarasan (alignment) antara apa yang dipelajari di pelatihan dan persoalan bisnis yang ditangani perusahaan. Apa yang biasa dipelajari di diklat, training center, ataupun learning center terpisah dari persoalan bisnis yang paling mendesak untuk diatasi.

Misalnya saja, karyawan belajar mengenai desain organisasi, padahal yang sedang sangat dibutuhkan oleh perusahaan adalah pemahaman mengenai ekspansi bisnis. Corporate university berusaha menyambungkan kebutuhan perusahaan dengan pelatihan yang diberikan kepada karyawan.

Kedua, program-program pelatihan dan pengembangan seringkali tidak memiliki dampak bisnis yang signifikan. Karena tidak aligned secara langsung dengan persoalan bisnis perusahaan, maka dampak hasil-hasil pelatihan tersebut terhadap kinerja perusahaan (business performance) tidak begitu berarti.

Alasan ini mendasari PLN tatkala membentuk PLN Corporate University. Pelatihan yang diberikan kepada pegawai PLN belum berdampak pada kenaikan performansi unit-unit bisnis secara signifikan.

Ketiga, pada umumnya partisipasi peserta pelatihan (trainee) begitu rendah. Salah satu penyebabnya ialah karena peserta umumnya tidak merasakan penghargaan yang berarti setelah usai mengikuti pelatihan. Misalnya saja, prestasi dalam pelatihan tidak membuahkan kenaikan jenjang karier ataupun gaji. Kalaupun karyawan ikut pelatihan, mungkin tidak dengan komitmen penuh.

Dalam desain corporate university, program dirancang agar baik individu karyawan maupun institusi perusahaan sama-sama dapat memetik manfaat besar dari aktivitas belajar. Bukan hanya pengetahuan, karakter, maupun ketrampilan karyawan yang meningkat, tetapi mereka juga bisa mengembangkan talenta lebih jauh yang kemudian berdampak pada peningkatan karier, bahkan juga penghasilan.

Relasi antara dua hal ini dapat memotivasi karyawan untuk secara serius mengikuti pelatihan yang diadakan oleh corporate university. Mereka serius belajar, dan gilirannya mereka serius bekerja bagi perusahaan. Ujung-ujung perusahaan pula yang akan memetik manfaat lebih jauh, berupa peningkatan perfomansi bisnis.

Corporate university lebih unggul dibandingkan dengan pelatihan dan pengembangan di dalam memastikan bahwa pengetahuan, keterampilan, dan attitude yang dipelajari dapat diterapkan dan memiliki linkage yang kuat serta berdampak signifikan terhadap performansi bisnis perusahaan. General Electric, Cisco, AT&T, dan Exxon Mobil, dan perusahaan-perusahaan yang masuk dalam Fortune 500, pada umumnya telah menerapkan metodologi corporate university.

Alasan-alasan itulah yang mendorong Telkom maupun BUMN lain mentransformasikan training center ataupun learning center mereka menjadi corporate university. Seperti dikatakan oleh Priyantono Rudito, Direktur Human Capital dan General Affair (HCGA) Telkom, corporate university jauh lebih efektif dalam mendukung pengembangan human capital dalam menyesuaikan diri dengan kecepatan perubahan lingkungan yang bersifat strategi.

Oleh: Dian Basuki (indonesiana.tempo.co)

Ingin mengetahui lebih lanjut tentang Corporate University? Beli Buku Corporate University Disini

download

Kepemimpinan Teori dan Praktik Edis

Rp 125.000
Detail
Order Sekarang » SMS : 021 2300313 ext. 1418, 085778602887
ketik : Kode - Nama barang - Nama dan alamat pengiriman
Nama BarangKepemimpinan Teori dan Praktik Edisi Keenam
Harga Rp 125.000
Lihat Detail »
download

Manajemen Pemasaran Global Edisi Ke

Rp 90.000
Detail
Order Sekarang » SMS : 021 2300313 ext. 1418, 085778602887
ketik : Kode - Nama barang - Nama dan alamat pengiriman
Nama BarangManajemen Pemasaran Global Edisi Keenam Jilid 1
Harga Rp 90.000
Lihat Detail »
download

Manajemen Edisi Kedelapan / Jilid 1

Rp 77.500
Detail
Order Sekarang » SMS : 021 2300313 ext. 1418, 085778602887
ketik : Kode - Nama barang - Nama dan alamat pengiriman
Nama BarangManajemen Edisi Kedelapan / Jilid 1
Harga Rp 77.500
Lihat Detail »
download

Akuntansi Syariah Di Indonesia Edis

Rp 159.900
Detail
Order Sekarang » SMS : 021 2300313 ext. 1418, 085778602887
ketik : Kode - Nama barang - Nama dan alamat pengiriman
Nama BarangAkuntansi Syariah Di Indonesia Edisi 4
Harga Rp 159.900
Lihat Detail »
download

Riset Pemasaran Pendekatan Terapan

Rp 95.000
Detail
Order Sekarang » SMS : 021 2300313 ext. 1418, 085778602887
ketik : Kode - Nama barang - Nama dan alamat pengiriman
Nama BarangRiset Pemasaran Pendekatan Terapan Edisi keempat Jilid 2
Harga Rp 95.000
Lihat Detail »
download

Kewirausahaan Teori, praktik, dan K

Rp 114.900
Detail
Order Sekarang » SMS : 021 2300313 ext. 1418, 085778602887
ketik : Kode - Nama barang - Nama dan alamat pengiriman
Nama BarangKewirausahaan Teori, praktik, dan Kasus-kasus
Harga Rp 114.900
Lihat Detail »
download

Manajemen Pemasaran Global Edisi Ke

Rp 90000
Detail
Order Sekarang » SMS : 021 2300313 ext. 1418, 085778602887
ketik : Kode - Nama barang - Nama dan alamat pengiriman
Nama BarangManajemen Pemasaran Global Edisi Ke enam Jilid 2
Harga Rp 90000
Lihat Detail »
download

Praktis Memahami Laporan Keuangan S

Rp 150.000
Detail
Order Sekarang » SMS : 021 2300313 ext. 1418, 085778602887
ketik : Kode - Nama barang - Nama dan alamat pengiriman
Kode979 442 357 2 / 9 789794 423578
Nama BarangPraktis Memahami Laporan Keuangan Sesuai dengan IFRS & PSAK
Harga Rp 150.000
Lihat Detail »

Rekening Bank

PT Pustaka Binaman Pressindo, no: 075.300.2178
PT Pustaka Binaman Pressindo, no: 121.0082.000021

Pengiriman

Halaman

Pencarian

021 2300313 ext. 1418, 085778602887

PPM
Order Cepat: Order Alamat: Kontak Kami