Shopping cart:
Jumlah = pcs
Keranjang
021 2300313 ext. 1418/2419, 081389896369, 089637344646

Konsep Pelayanan Unggul

Friday, January 20th 2017.

customer-support-representative-with-thumbs-up-business-team

Pelayanan unggul merupakan dambaan setiap konsumen atau pelanggan. Sebuah pelayanan dapat dikatakan unggul ketika seorang pelanggan mengatakan dirinya puas akan pelayanan diberikan. Pengertian pelayanan unggul atau bias disebut service excellence biasanya mengacu pada istilah yang berkaitan dengan suatu layanan terbaik terhadap konsumen atau pelanggan. Ilmu tentang pelayanan unggul akan sangat berguna untuk dipelajari ketika anda bekerja sebagai seorang frontliner seperti bekerja pada posisi kasir, customer service, ataupun pelayan restoran.

Terdapat beberapa konsep dasar yang terdapat pada pelayanan unggul, diantaranya adalah:

1. Kemampuan (Ability) Setiap pekerjaan membutuhkan kemampuan yang berbeda-beda dari setiap pekerja. Demi mencapai tujuan kerja yang sesuai, seudah sepatutnya setiap anggota dari pelayan ataupun pekerja memiliki keahlian yang sesuai pada bidang masing-masing. Misalnya seorang customer service yang memiliki kemampuan berkomunukasi dengan lancer dan efektif.

2. Sikap (Attitude) Sebuah perilaku yang mengatur bagaimana cara bersikap kepada pelanggan dengan baik. Seorang pelayan akan dihargai pelanggan ketika ia memiliki sikap yang ramah dan berwibawa. Hal ini tentu akan membuat pelanggan merasa puas akan pelayanan yang diberikan.

3. Perhatian (Attention) Setiap pelanggan memiliki harapan agar keinginan atau keperluannya terpenuhi dengan baik dan benar. Maka dari itu seorang pelayan dituntut untuk memiliki tingkat kepekaan yang tinggi akan kebutuhan pelanggan. Dengan kata lain seorang pelayan mempunyai tugas untuk memperhatikan konsumen dan memberikan atensi yang lebih kepadanya.

4. Penampilan (Apprearance) Berpenampilan menarik dengan memperhatikan bidang pekerjaan yang sesuai dengan pekerjaan seorang pekerja pelayanan merupakan sebuah keharusan untuk membangun kredibilitas seorang pelanggan terhadap kita.

5. Tanggung jawab (Accountability) Sikap keberpihakan kepada pelanggan sebagai bentuk kepedulian, untuk meminimalkan ketidakpuasan pelanggan. Seorang pelayan diharapkan memiliki sifat tanggung jawab dengan tujuan untuk menunjukan sifat profesionalitas kepada pelanggan.

6. Tindakan (Action) Merupakan hal yang percuma ketika seorang pelanggan telah mengutarakan keinginannya kepada pelayan namun keinginan mereka tidak terlasana akibat keinginan mereka tersebut tidak dilakukan penindakan.

Sebuah tindakan adalah hal esensial dan bersifat wajib bagi seorang pelayan demi melaksanakan tugasnya memenuhi kebutuhan pelanggan atau konsumen. Unsur Unsur dari Pelayanan Unggul Dalam service excellence terdapat dua unsur penting yang berkaitan satu dengan lainnya yaitu pelayanan (service) dan kualitas (quality). Sumber daya manusia yang memilki tugas memberikan pelayanan harus memperhatikan tanggung jawabnya dengan sebaik mungkin.

Ada tujuh segi yang berkaitan dengan pengertian pelayanan unggul yaitu visi (vision), perhatian (care), peningkatan (improve), pemberdayaan (empower), penghargaan diri (self esteem), meraih kembali (recover), melebihi kepuasaan konsumen (exceed expectations). Ketujuh aspek di atas diterapkan sebagai fondasi dalam melakukan layanan yang prima.

Konsumen dan pelanggan suatu produk maupun jasa dari suatu institusi/perusahaan diukur tingkat keberhasilannya dari kepuasan mereka terhadap layanan yang diberikan serta produk/jasa yang ditawarkan. Tiap konsumen selalu mengharapkan layanan yang prima. Menjadi kewajiban bagi tiap institusi/perusahaan melalui SDMnya untuk memberikan layanan optimal. Pelayanan merupakan proses kegiatan nyata memberikan tawaran pada konsumen. Layanan bisa berupa layanan privat maupun dalam bentuk layanan kolektif. Itulah konsep dan pengertian pelayanan unggul yang harus dipahami guna menumbuhkan dan meningkatkan pelayanan unggul pada konsumen.

Ingin Mengetahui lebih dalam, ikuti Pelatihan Layanan Unggul Bagi Frontliner dengan cara KLIK DISINI

Sumber inspirasi: http://gofaztrack.com/blog/pengertian-service-excellence/ http://www.ciputra-uceo.net/blog/2015/7/7/pengertian-pelayanan-prima

download

Perilaku Konsumen & Strategi Pemasa

Rp 129.900
Detail
Order Sekarang » SMS : 021 2300313 ext. 1418/2419, 081389896369, 089637344646
ketik : Kode - Nama barang - Nama dan alamat pengiriman
Nama BarangPerilaku Konsumen & Strategi Pemasaran Edisi 9 Buku 2
Harga Rp 129.900
Lihat Detail »
download

Pedoman Lengkap Profesional SDM Ind

Rp 250.000
Detail
Order Sekarang » SMS : 021 2300313 ext. 1418/2419, 081389896369, 089637344646
ketik : Kode - Nama barang - Nama dan alamat pengiriman
KodeSDM 51
Nama BarangPedoman Lengkap Profesional SDM Indonesia
Harga Rp 250.000
Lihat Detail »
download

Sistem Pengendalian Manajemen Sekto

Rp 129.900
Detail
Order Sekarang » SMS : 021 2300313 ext. 1418/2419, 081389896369, 089637344646
ketik : Kode - Nama barang - Nama dan alamat pengiriman
Nama BarangSistem Pengendalian Manajemen Sektor Publik
Harga Rp 129.900
Lihat Detail »
download

Supervisor Hebat - Panduan Supervis

Rp 75.000
Detail
Order Sekarang » SMS : 021 2300313 ext. 1418/2419, 081389896369, 089637344646
ketik : Kode - Nama barang - Nama dan alamat pengiriman
Kode979-442-388-2
Nama BarangSupervisor Hebat – Panduan Supervisor Indonesia
Harga Rp 75.000
Lihat Detail »
download

Business Model Canvas-Penerapan di

Rp 180.000
Detail
Order Sekarang » SMS : 021 2300313 ext. 1418/2419, 081389896369, 089637344646
ketik : Kode - Nama barang - Nama dan alamat pengiriman
Kode979-442-371-8 / 9 789794 423714
Nama BarangBusiness Model Canvas-Penerapan di Indonesia Metode Satu Halaman untuk Menemukan Kembali Karier Anda
Harga Rp 180.000
Lihat Detail »
download

Business Process Mapping Guidebook

Rp 120.000
Detail
Order Sekarang » SMS : 021 2300313 ext. 1418/2419, 081389896369, 089637344646
ketik : Kode - Nama barang - Nama dan alamat pengiriman
Kode9794422738 / 9 789794 442 731
Nama BarangBusiness Process Mapping Guidebook Untuk meningkatkan Kepuasan Pelanggan
Harga Rp 120.000
Lihat Detail »
download

Mudah Memahami Manajemen Risiko Per

Rp 50.000
Detail
Order Sekarang » SMS : 021 2300313 ext. 1418/2419, 081389896369, 089637344646
ketik : Kode - Nama barang - Nama dan alamat pengiriman
KodeSMK 18
Nama BarangMudah Memahami Manajemen Risiko Perusahaan
Harga Rp 50.000
Lihat Detail »
download

Panduan Perdagangan di Pasar Finans

Rp 65000
Detail
Order Sekarang » SMS : 021 2300313 ext. 1418/2419, 081389896369, 089637344646
ketik : Kode - Nama barang - Nama dan alamat pengiriman
KodeSPP 100
Nama BarangPanduan Perdagangan di Pasar Finansial-Level Lanjut
Harga Rp 65000
Lihat Detail »

Rekening Bank

PT Pustaka Binaman Pressindo, no: 075.300.2178
PT Pustaka Binaman Pressindo, no: 121.0082.000021

Pengiriman

Halaman

Pencarian

021 2300313 ext. 1418/2419, 081389896369, 089637344646

PPM
Order Cepat: Order Alamat: Kontak Kami